Warta Pendidikan

Ujian Nasional Sudah Dekat. Bagaimana Persiapan Anda?

Biosains. 4 Februari 2009. Sekitar dua atau tiga bulan lagi, siswa SMP/MTs dan SMA/MAN akan menempuh Ujian Nasional 2008/2009. Berkaitan dengan hal ini tentu saja persiapan telah dilakukan. Sejak sebulan yang lalu, banyak satuan pendidikan yang mencoba mempersiapkan anak didiknya agar dapat lulus UN dengan nilai memuaskan. Biasanya, pihak sekolah mengadakan tambahan jam belajar pada sore hari. Sangat tepat, menurut saya, penambahan jam belajar itu untuk belajar mengerjakan soal-soal yang berstandar nasional. Mengapa? Dengan banyak mengerjakan soal-soal, khususnya yang berstandar ujian nasional, para siswa menjadi terbiasa mengerjakan soal-soal seperti itu. Misalnya dengan mengerjakan soal-soal UN tahun lalu. Banyak cara untuk mendapatkan soal-soal seperti itu di google, tinggal ketikkan kata kunci “soal-soal UN” segera google akan memberitahu Anda alamat yang harus dituju.

Apalagi sekarang pemerintah sudah menyertakan KISI-KISI UJIAN NASIONAL 2008/2009, yang bisa di-download diberbagai situs web atau blog pendidikan. Mestinya, bapak atau ibu guru dapat memanfaatkan kisi-kisi tersebut untuk men-drill soal-soal kepada anak didiknya. Mengapa? Sangat jelas bahwa BSNP akan membuat soal-soal UN dengan mengaju kisi-kisi tersebut. Pengalaman penulis, yang waktu itu mencermati UASBN untuk SD, soal-soal yang keluar di UASBN tidak lepas dari kisi-kisi yang dibuat oleh pusat. Bahkan beberapa blog juga menyediakan prediksi soal-soal UN 2008/2009. Silakan Anda berselancar di blog ini (walaupun hanya beberapa mapel) atau blog-blog lainnya, Anda tinggal menulis kata kunci “soal-soal prediksi UN 2009” segera google akan memberitahu Anda alamat yang harus dituju.

Jika Anda (para guru dan siswa) kurang mendapatkan bahan berlatih untuk menghadapi UN, banyak penerbit yang menyediakan buku-buku latihan Ujian Nasional. Misalnya Detik-Detik Ujian Nasional yang diterbitkan oleh PT Intan Pariwara (maaf tidak bermaksud iklan). Menurut pengamatan saya, soal-soal yang disajikan sesuai dengan kisi-kisi UN 2008/2009. Dari produk yang saya beli kemudian saya coba cross cek dengan kisi-kisi UN 2008/2009, benar-benar soal yang disajikan sesuai kisi-kisi. Ada kelebihan lain dari penerbit yang ada di Klaten ini, yaitu untuk produk Detik SMP dan SMA dilengkapi dengan software untuk mengevaluasi pelaksanaan TRY OUT dari buku yang diterbitkannya. Software ini sangat berguna bagi bapak/ibu guru dalam mengevalusi pelaksanaan try out menggunakan soal-soal yang disajikan dalam buku tersebut.

Mari, mumpung masih ada waktu siapkan diri anak didik Anda (bagi para guru) dan Anda (siswa-siswi agar) agar menuai sukses UN 2008/2009. Ingat, sampai saat ini Nilai Hasil Ujian Nasional masih mempunyai arti penting.

Yogyakarta gratiskan
biaya pendidikan SD dan SMP

Yogyakarta (Espos) Siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) negeri di Kota Yogyakarta dibebaskan dari biaya sekolah mulai Januari 2009 ini.

Biaya operasional sekolah tersebut ditanggung oleh Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat ditambah dana BOS dari APBD kota Yogyakarta senilai Rp 35,7 miliar.
“Para siswa akan digratiskan mulai Januari ini, saya sudah memberikan surat edaran kepada kepala SD dan SMP supaya tidak memungut biaya pendidikan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Syamsuri, seperti dilansir tempointeraktif.com, Rabu (7/1).
Ia menambahkan, siswa miskin masih mendapat bantuan tambahan berupa seragam dan buku gratis. Siswa miskin SD sekitar 9.000 siswa dan SMP ada 3.400 siswa. Biaya siswa SD per tahunnya membutuhkan biaya Rp 650.000 per tahun. Dari besaran kebutuhan itu ditanggung BOS dari pemerintah pusat Rp 400.000. Dan BOS dari APBD kota menanggung Rp 250.000 per tahun.
Sedangkan untuk biaya pendidikan SMP senilai Rp 1,2 juta per tahun. Dari jumlah kebutuhan biaya tersebut sebanyak Rp 575.000 per tahun ditanggung BOS dari pusat dan Rp 625.000 per tahun ditanggung BOS dari APBD kota.
“Kami masih menunggu petunjuk dalam teknis dan petuntuk pelaksanaan dari Departemen Pendidikan Nasional,” kata dia.
Menurut Budi Asrori, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, data yang masuk ke dinas dalam perhitungan bantuan per siswa adalah setiap siswa SD dapat Rp 400.000 per tahun. Jumlah siswa SD ada 26.747 orang, sedangkan untuk SMP mendapat bantuan Rp 575.000 per tahun dengan jumlah siswa 11.728 orang. – oleh: nad
(Sumber: SOLO POS edisi cetak, 09 Jan 2009)

Era Digital Pendidikan Indonesia

Biosains08:23 Desember 2008. Ada yang menarik dari acara Seminar Sehari Better Techers Better Parents yang diselenggarakan di Auditorium MM UGM pada tanggal 19 Desember 2008. Diawali paparan oleh Microsoft Indonesia yang menguraikan kiprah Microsoft Indonesia dalam turut memajukan pendidikan di Indonesia melalui program-program khusus berkaitan dengan software-software keluaran Microsoft. Microsoft juga mengingatkan pentingnya memghargai hak cipta dan intinya . .. jangan membajaklah. Sesi kedua menampilkan pakar pendidikan Drs. Kresnayana Yahya M.Si. sekaligus Dosen Statistik ITS. Dia menyampaikan makalah tentang pentingnya para siswa dan guru melek internet guna mendukung tercapainya manusia yang kompeten. Lebih jauh beliu menandaskan bahwa orang yang sukses di masa depan adalah orang yang kretaif dan bekerja dengan hati. Jika Anda tertarik dengan beliau buka saja blognya http://kresnayana-yahya.blogspot.com/

Sesi ketiga oleh PesonaEdu, yang merupakan pengembang software pendidikan. Menurutku, karya-karyanya patut diajungi jempol dan pantas untuk dimiliki (maaf bukan iklan, lho). Pertimbangan saya, PesonaEdu cukup kreatif mengemas software pendidikan untuk sekolah jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Anda penasaran dapat melihat demo software PesonaEdu di web http.www.pesonaedu.com/demo.php?id=63

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: