Bank Soal UN

Kiat Sukses Menaklukkan Ujian Nasional 2008/2009 : Jangan Anggap Sepele Kisi-Kisi Ujian Nasional

BioSain, 30 Desember 2008.Telah kita ketahui bahwa Pemerintah telah mengeluarkan Permendiknas tentang Ujian Nasional (No. 78 untuk SMP dan nomor 77 untuk SMA) dan UASBN (nomor 82 untuk SD) tahun pelajaran 2008/2009. Dalam Permendiknas tersebut terdapat lampiran tentang kisi-kisi soal Ujian Nasional. Kisi-kisi tersebut merupakan dasar untuk menyusun dan merakit soal UN tahun pelajaran 2008/2009, sebagaimana tercantum dalam pasal 8 ayat (1) dalam Permendiknas No. 78 tahun 2008.

Apa keuntungan kita memahami kisi-kisi soal UN?

Banyak keuntungan yang kita peroleh dengan mengetahui dan memahami kisi-kisi soal UN 2008/2009. Secara umum kisi-kisi soal berguna untuk mengetahui kisaran materi yang bakal keluar dalam UN. Lebih khusus lagi, bagi para guru, kisi-kisi diperlukan untuk mempersiapkan siswa-siswinya dalam menghadapi UN. Misalnya dengan melakukan tutorial. Para guru cukup menjabarkan materi yang ada di dalam kisi-kisi tersebut, itu saja, tidak lebih dan tidak kurang. Mari kita lihat kisi-kisi IPA SMP/MTs berikut ini.

No.

Standar Kompetensi Lulusan

Kemampuan yang Diuji

2.

Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

· Menentukan salah satu variable dari rumus ρ = m/v

· Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

· Menentukan salah satu variable dari rumus kalor (Q = mcΔt)

Dari table kisi-kisi di atas yang perlu diperharikan adalah kolom: Kemampuan yang Diuji, karena dari sinilah soal UN itu dibuat. Contoh.

· Menentukan salah satu varibel dari rumus à ρ = m/v

Sangat jelas bahwa soal yang keluar nanti (di UN 2008/2009) berkisar tentang hitungan massa jenis, sedang yang ditanyakan mungkin massa jenisnya (ρ), massa bendanya, atau volume bendanya. Jadi cukup itu saja. Tidak mungkin soal itu akan menanyakan tentang kegunaan massa jenis, atau alat untuk mengukur massa jenis. Mengapa? Karena soal itu jelas tidak sesuai kisi-kisi soal UN. Demikian juga dengan kisi-kisi soal yang lainnya. Ingat sekali lagi: perhatikan kolom: Kemampuan yang Diuji.

Bagi peserta UN (baca para siswa) juga penting mengetahui kisi-kisi soal UN ini. Dengan mengetahui kisi-kisi soal, efisiensi dan efektivitas belajar dapat ditingkatkan. Intinya, belajar saja apa yang ada di kisi-kisi soal UN. Misalnya kita ambil contoh kisi-kisi di atas. Para siswa cukup mempelajari cara mengerjakan soal-soal tentang mass jenis dengan berbagai variasinya. Dengan memahami rumus pokoknya (dasarnya), variasi saol apapun mengenai massa jenis tidak akan ada kesulian.

Nah, untuk membantu belajar berikut ini kami sajikan Prediksi soal-soal Ujian Nasional 2008/2009. Ingat yang namanya prediksi tentu tidak sama persis dengan soal-soal UN 2008/2009. Namun, paling tidak bisa digunakan sebagai sarana berlatih. Karena soal-soal yang kami sajikan dibuat sesuai kisi-kisi soal UN 2008/2009. Semoga bermanfaat dan selamat berlatih

· Prediksi soal UASBN untuk SD/MI 2008/2009 mata pelajaran IPA

Prediksi soal UN untuk SMP/MTs 2008/2009 mata pelajaran IPA

· Prediksi soal UN FISIKA SMA/MA 2008/2009

· Prediksi soal UN KIMIA SMA/MA 2008/2009

Prediksi soal UN BIOLOGI SMA/MA 2008/2009

Secara bertahap kami akan menyediakan Prediksi soal-soal UN 2009, khususnya IPA SD, IPA SMP, dan Biologi. Harap Bersabar..terimakasih.

6 Tanggapan

  1. mohon minta bank soal un donk

  2. Mas Rachmat, harap bersabar ya nanti sya siapkan, maklum masih mengumpulkan bahan-bahan..tunggu saja, thx

  3. tolong minta soal-soal ujiannya…..yang terbaru.
    kl bisa bocoran 2009,he..
    thnx alot.

    • Buat Nerety.. sudah kami upload soal prediksi UN IPA SMA 2009, silakan di download.. soal-soal lainnya menyusul, harap bersabar.thx

  4. prediksi un tahun 2011 yang smp/mts, ya tolong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: