Kunci Sukses Menaklukkan UN 2011

Ada sesuatu yang menarik dari hasil UN 2010. Jikalau pada UN tahun sebelumnya, nilai ujian Matematika menjadi penentu ketidaklulusan, namun pada UN tahun 2011 justru Bahasa Indonesia menjadi penentu ketidaklulusan peserta UN. Kenyataan ini akan mengubah image siswa selama ini bahwa Matematika-lah yang menyebabkan seorang peserta UN tidak lulus. Dengan perkataan lain, Matematika tidak perlu ditakuti lagi.
Matematika tidak perlu ditakuti. Pendapat itu memang benar dan inilah yang harus ditanamkan dalam benakmu. Jika kamu telah memiliki modal ini, berarti kamu sudah mempunyai 50% modal untuk lulus UN. Bagaimana dengan modal yang 50% lagi? Belajar sesuai kisi-kisi UN dan berlatih mengerjakan soal-soal UN sebanyak-banyaknya, itulah jawabannya.
Mengapa harus belajar sesuai kisi-kisi UN? Perlu kamu ketahui bahwa soal-soal UN dibuat berdasarkan kisi-kisi soal UN yang terlampir di dalam Permediknas yang mengatur pelaksanaan Ujian Nasional. Nah, jika kamu belajar tidak sesuai kisi-kisi, sudah dapat dipastikan kamu akan gagal dalam Ujian Nasional. Masalahnya, kamu tidak mempunyai kisi-kisi soal UN. Bagaimana solusinya?

Di pasaran banyak beredar buku-buku latihan soal-soal menghadapi Ujian Nasional. Salah satu buku yang sangat laku adalah Buku DETIK-DETIK UJIAN NASIONAL terbitan PT IP klaten. Penulis sangat penasaran dengan buku tersebut. Penulis menghubungi salah satu rekan untuk mendapatkan buku itu. Buku itu ternyata tidak mudah didapat (entah kenanpa?), tetapi akhirnya penulis mendapatkan buku itu. Soal demi soal saya cermati dan coba saya cocokkan dengan kisi-kisi soal UN. Memang benar 90% lebih soal-soal yang disajikan sesuai dengan kisi-kisi soal UN yang berlaku saat itu (DETIK UN 2009/2010). Pantas buku itu sangat laris di pasaran.

Nah, bagi kamu yang ingin membeli buku-buku untuk mempersiapkan UN 2011 perlu mencermati tips berikut ini.
1. Perhatikan sampul buku (tahun pelaksanaan UN) dan kata pengantar (terdapat bulan dan tahun penyusunan). Banyak penebit yang hanya mengganti sampul buku atau kover depan, sedangkan isinya buku detik lama.
2. Teliti secara cermat kesesuaian antara kisi-kisi soal (lihat di bagian kemampuan yang diuji atau indikator) dengan soal-soal yang disajikan. Biasanya ada paket soal prediksi UN.
3. Lihat jumlah variasi soal. Jangan hanya puas dengan 4 variasi soal saja.
Ribet memang, tetapi kamu tidak mau kan membeli kucing dalam karung? Selamat mempersiapkan UN 2011 semoga sukses.

Iklan

3 Tanggapan

  1. Om…kasih tahu dunk dimana saya bisa memperoleh buku-buku untuk persiapan ujian nasional 2011???

  2. om , aku udah dapet buku yg judulnya “detik-detik un 2011” . tapi penerbitnya bukan pt ip klaten …
    jadi gmn ?

  3. fes taetgdg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: